Apa Itu Namespace Dalam Pemrograman C#?

apa itu namespace

Halo! Selamat datang kembali di “Seri Belajar Dasar Pemrograman Bahasa C#“. Setelah kita bersama-sama membedah anatomi program sederhana bahasa C# di materi sebelumnya, pada materi kali ini, kita akan lebih dalam lagi mempelajari tentang apa itu namespace di C#.

Setelah selesai mempelajari materi ini, Anda akan lebih memahami apa itu namespace, apa fungsinya, dan bagaimana mendefinisikannya di C#.

Apa itu Namespace?

Sebelum menjawab apa itu namespace, coba bayangkan Anda sedang membuat sebuah simulator atau game bertema transportasi.

Kira-kira apa saja objek yang nantinya ingin Anda hadirkan di aplikasi tersebut? Ya, tentunya Anda membutuhkan berbagai jenis sarana transportasi, seperti mobil, motor, sepeda, kapal, kereta api, pesawat terbang, dan lain-lain. Selain itu, Anda ternyata juga memerlukan berbagai jenis bangunan terminal, seperti bandar udara, pelabuhan, stasiun kereta, terminal bus, dan lain-lain.

Lalu Anda berpikir untuk mengelompokkan objek-objek tersebut sesuai dengan kategorinya. Mobil, motor, sepeda, kapal, kereta api, dan pesawat udara Anda kelompokkan ke dalam kategori Moda Transportasi. Lalu bandar udara, pelabuhan, stasiun kereta, dan terminal bus Anda kelompokkan ke dalam kategori Bangunan Terminal.

Dari sini, kemudian Anda bisa membuat dua buah class library dari dua kategori di atas. Yaitu, class library yang berisi blueprint dari objek-objek yang termasuk dalam kategori “Moda Transportasi” dan objek-objek yang termasuk dalam kategori “Bangunan Terminal”.

apa itu namespace dalam pemrograman C#

Dalam pemrograman C#, identifier (pengenal) untuk pengkategorian ini, yaitu ModaTransportasi dan BangunanTerminal disebut dengan namespace.

Apa Fungsi Dari Namespace?

.NET menggunakan namespace sebagai cara untuk memisahkan file-file class kedalam kategori yang terkait (mengorganisir cakupan kategori). Selain itu, penggunaan namespace juga bisa membantu menghindari bentroknya penamaan dalam aplikasi yang mungkin berisi beberapa class dengan nama yang sama.

Dengan memisah-misahkan class ke dalam kategori yang terkait seperti ini, kode program yang Anda buat nantinya akan lebih rapi dan terstruktur. Selain itu, ketika Anda dan tim Anda diberi class library dengan namespace “ModaTransportasi”, Anda atau tim Anda bisa berekspektasi bahwa class library tersebut berisi blueprint dari objek-objek moda transportasi yang dibutuhkan.

Mendefinisikan Namespace di C#

Untuk mendefinisikan sebuah namespace, kita bisa menggunakan kata kunci namespace seperti berikut ini:

namespace Nama-Namespace
{
    //kode program di dalam sebuah namespace
}

Namun demikian, pada saat Anda membuat sebuah project baru di Visual Studio Code dengan dotnet new console, Anda akan diberi struktur default dari bahasa pemrograman C# seperti berikut ini:

using System;
 
namespace BelajarPemrogramanCSharp
{
    public class Program
    {
        public static void Main()
        {
            Console.WriteLine("Hello World!");
        }
    }
}

Pada kode program di atas, BelajarPemrogramanCSharp adalah identifier (pengenal) atau nama dari namespace-nya. Pada saat membuat aplikasi .NET Core di Visual Studio Code, nama namespace biasanya akan didefinisikan secara otomatis sesuai dengan nama folder di mana program kita dibuat dengan perintah dotnet new.

Menggunakan Member Suatu Namespace Dengan Kata Kunci ‘using’

Perhatikan kembali potongan kode program sebelumnya. Untuk menggunakan sebuah member di dalam sebuah namespace, kita bisa menggunakan kata kunci using seperti berikut ini:

using System;

System sendiri adalah nama namespace yang tersedia di dalam core library dari .NET Core. Setelah mengimpor namespace yang kita inginkan, selanjutnya kita bisa memanggil seluruh member yang terdapat di dalam namespace System seperti baris kode program berikut ini:

Console.WriteLine("Hello World!");

Method WriteLine di atas adalah member dari class bernama Console yang merupakan member dari namespace System. Fungsi dari method tersebut adalah untuk menampilkan teks ke layar console.

Tanpa mengimpor namaspace System, maka Anda tidak bisa mengakses method WriteLine di atas.

Namun sebenarnya Anda bisa memanggil sebuah member di dalam namespace tanpa harus menggunakan kata kunci using. Caranya dengan memanggil sebuah member secara eksplisit seperti berikut ini:

System.Console.WriteLine("Hello World!");

Penutup

Di C#, namespace digunakan untuk memisahkan file-file class sesuai dengan kategorinya masing-masing.

Pada saat Anda membuat sebuah aplikasi C# dengan command-line .NET Core, yaitu dotnet new, nama namespace dari program Anda adalah nama folder di mana program tersebut dibuat.

Agar Anda bisa menggunakan member-member pada sebuah namespace tertentu, Anda perlu mengimpor namespace tersebut dengan menggunakan kata kunci using.

Jika Anda merasa kesulitan dalam memahami materi ini, jangan menyerah! Tulis kesulitan atau pertanyaan Anda di kolom komentar, saya akan membantu.

Selamat belajar!

Mendapat Manfaat Dari Tulisan Ini? Bantu Bagikan Ya...
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Tinggalkan Balasan

Close Menu