Konstruksi Perulangan foreach Di C#

konstruksi perulangan foreach di c#

Halo! Selamat datang kembali di “Seri Belajar Dasar Pemrograman Bahasa C#“. Jika sebelumnya kita telah mempelajari konstruksi perulangan di C# menggunakan perulangan for, while, dan do-while, kali ini kita akan mempelajari konstruksi perulangan foreach di C#.

Di C#, konstruksi perulangan foreach merupakan alternatif yang lebih simpel untuk perulangan for. Konstruksi perulangan ini biasa digunakan untuk mengiterasi (melakukan pengulangan operasi) pada setiap elemen di dalam sebuah array (deret / matriks) atau koleksi data (collection).

Kita nantinya akan lebih sering menggunakan konstruksi perulangan foreach pada saat mempelajari materi tentang array dan collection. Untuk saat ini, saya hanya ingin sekedar mengenalkan bagaimana konstruksi perulangan ini digunakan di dalam kode program Anda.

Untuk membantu pemahaman Anda, buatlah sebuah aplikasi console bernama KonstruksiPerulanganForeach.

Konstruksi Perulangan foreach

Tambahkan kode program di bawah ini ke dalam method Main().

string s = "mahirkoding.id";

foreach (char c in s)
{
    Console.Write($"[{c}] ");
}

Sebelum Anda menjalankan kode program di atas, saya akan menjelaskan bagaimana kode program di atas nantinya bekerja.

Pertama-tama, kita mendeklarasikan sebuah variabel s bertipe string dengan nilai “mahirkoding.id”. Tipe string sendiri merupakan array dari beberapa karakter. Jadi, teks “mahirkoding.id” adalah sebuah string yang terdiri dari 14 karakter.

Karena kita ingin menampilkan setiap karakter dari nilai variabel s, kita perlu melakukan operasi yang sama untuk setiap elemen dari variabel s. Oleh karena itu, kita menempatkan baris kode Console.Write($"[{c}] "); di dalam perulangan foreach.

Jika Anda perhatikan, kita mendeklarasikan sebuah variable lokal c dengan tipe char di dalam pernyataan foreach.

foreach (char c in s)

Variabel ini akan kita gunakan untuk menyimpan setiap elemen dari nilai variabel s. Ingat, sebuah string tersusun dari beberapa karakter, oleh karena itu kita memerlukan sebuah variabel yang digunakan untuk menampung setiap karakter pada sebuah string.

Pernyataan foreach di atas bisa kita artikan sebagai berikut, “Lakukan operasi yang sama untuk setiap karakter c yang merupakan elemen di dalam variabel s.

Sekarang, jalankan kode program di atas. Anda akan mendapatkan keluaran seperti di bawah ini.

[m] [a] [h] [i] [r] [k] [o] [d] [i] [n] [g] [.] [i] [d]

Menggunakan Perulangan foreach Vs Perulangan for

Selain menggunakan konstruksi perulangan foreach seperti sebelumnya, kita bisa saja menggunakan konstruksi perulangan for untuk mendapatkan hasil yang sama persis.

Tambahkan kode prorgam di bawah ini. Anda akan mendapatkan keluaran yang sama persis seperti sebelumnya.

// catatan: variabel s sudah Anda deklarasikan di kode program sebelumnya.

for (int i = 0; i < s.Length; i++)
{
    Console.Write($"[{s[i]}] ");
}

/*
output: [m] [a] [h] [i] [r] [k] [o] [d] [i] [n] [g] [.] [i] [d]
*/

Ekspresi s.Length di atas kita gunakan untuk mendapatkan ukuran sebuah string (banyaknya karakter yang menyusun sebuah string). Kali ini kita juga menggunakan indeks dari setiap elemen variabel s untuk menampilkan elemen-elemen tersebut (s[i]).

Jika Anda perhatikan, untuk mendapatkan hasil yang sama, tentunya menggunakan konstruksi perulangan for seperti di atas tidak sesimpel ketika menggunakan perulangan foreach. Namun demikian, jawaban dari apakah lebih baik menggunakan perulangan for atau foreach adalah pilihan Anda. Tidak ada yang salah maupun benar, yang penting kode program Anda mudah dimengerti dan menghasilkan keluaran sesuai ekspektasi.

Setelah ini, kita akan mempelajari materi tentang tipe Array. Di materi tersebut, kita akan sering menggunakan perulangan for dan foreach. Oleh karena itu, apabila materi kali ini belum terlalu bisa Anda pahami, jangan kuatir! Paling tidak sampai sekarang, Anda sudah memiliki gambaran tentang bagaimana menggunakan konstruksi perulangan foreach di dalam kode program Anda.

Penutup

Pada materi kali ini, kita telah mempelajari tentang bagaimana menggunakan konstruksi perulangan foreach di C#.

Konstruksi perulangan foreach merupakan alternatif dari konstruksi perulangan for yang disediakan oleh C#, agar kode program yang kita tulis bisa menjadi lebih simpel dan ringkas.

Perulangan foreach bisa kita gunakan untuk melakukan iterasi pada sebuah array, meskipun sebenarnya konstruksi ini lebih banyak digunakan untuk melakukan iterasi pada sebuah koleksi data (collection).

Itu saja meteri kita kali ini. Jika Anda merasa kesulitan dalam memahami materi ini, jangan menyerah! Tulis kesulitan atau pertanyaan Anda di kolom komentar, saya akan membantu.

Selamat belajar!

Mendapat Manfaat Dari Tulisan Ini? Bantu Bagikan Ya...
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Tinggalkan Balasan

Close Menu